LENSAPEWARTA.COM,BREBES  –  Kamis (25/1/2018) Longsor pertama di jalan depan Balai Desa Cinanas yang longsor sepanjang 7 meter, lebar 0,5 meter dengan kedalaman 2 meter yang mengakibatkan terhambatnya lalu-lintas jalan penghubung antar pedukuhan di Desa Cinanas. Lokasi kedua adalah di jalan desa Dukuh Weringin Rt. 02 Rw. 06 yang menghubungkan antara Dukuh Weringin dengan Dukuh Karang Benda Desa Cinanas, jalan longsor sepanjang 8 meter. Sedangkan lokasi longsoran ketiga terjadi pada tebing yang mengancam rumah salah satu warga Desa Cinanas atas nama Dakrup di Rt. 03 Rw. 06 sepanjang 10 meter.

Danramil 12/Bantarkawung Kapten Arm. Zaenal bersama dengan Babinsanya, segera meluncur kelokasi longsoran guna memberikan pertolongan pertama. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materiil ditaksir sekitar 15 juta rupiah. Tindakan pertama yang dapat kami lakukan adalah bersama-sama dengan perangkat desa setempat melaksanakan pendataan baik kerugian personil maupun materiil. Melaporkan kejadian ini kepada Komadan Kodim 0713/Brebes untuk diteruskan kepada pihak terkait di Kabupaten Brebes guna segera mendapatkan petunjuk, serta berkoordinasi dengan Muspika Bantarkawung dan Kades Cinanas untuk perencanaan karya bhakti esok hari. Dan sementara untuk jalan yang longsor, kami dan warga bersama-sama memberi pembatas jalan dengan kayu maupun bambu,” tandasnya.

“Kami juga menghimbau kepada warga masyarakat yang tinggal didekat longsoran, untuk selalu berhati-hati dan waspada, lebih baik segera mengungsi ketempat saudara atau warga lainnya ditempat yang lebih aman, terutama jika cuaca mendung dan hujan deras datang karena longsor susulan bisa terjadi sewaktu-waktu, saya   dan sungai Cibentar terjadi peningkatan air karena akan sangat membahayakan jiwa dengan longsoran secara tiba-tiba,” imbuhnya.

Bencana alam ini terjadi akibat cuaca yang cukup ekstrim belakangan ini, dengan intensitas curah hujan yang sering terjadi ditambah petir bahkan adanya puting beliung yang kemarin menerjang beberapa pemukiman warga diwilayah Kecamatan Bantarkawung. (Aan-red).
Diberdayakan oleh Blogger.