LENSAPEWARTA.COM, SLAWI - Menurut yang penulis pernah dengan dari mulut ke mulut orang tua asal usul nama Margasari berasal dari dua kata yaitu marga dan sari. Marga berarti kelompok,sekumpulan dan sari yang berarti bunga atau kambang. Jadi margasari berarti kelompok atau sekumpulan bunga-bunga. Dengan kata lain margasari juga bisa berarti sekelompok orang yang suka dengan keindahan, karena yang namanya biasanya indah-indah atau menawan hati

Tentu anda sering mendengar objek Wisata Curug Pitu di Baturaden, Banyumas. Tapi pernahkah anda mendengar air terjun Curug Pitu di Margasari? Jika belum, mungkin informasi yang akan kami sampaikan akan menambah referensi bagi anda sebagai alternatif untuk kegiatan maupun untuk mengisi liburan anda.

Curug Pitu merupakan alternatif wisata bagi anda yang menyukai petualangan dan kegiatan di alam bebas dengan pemandangan yang masih alami. Curug Pitu adalah rangkaian air terjun yang berlokasi diperbukitan Margasari dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Sesuai namanya Curug Pitu memiliki tujuh air terjun bertingkat yang setiap tingkatnya memiliki daya tarik tersendiri. Akses ke lokasi ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Namun bila beruntung, anda bisa menumpang truk warga setempat hingga ke bendungan. Dengan menumpang truk, anda dapat menyingkat setengah perjalanan anda.

Dengan berjalan kaki dari pasar Margasari, Anda memerlukan waktu + 1 jam hingga air terjun pertama. Pemandangan alam yang pertama anda lihat adalah hamparan hutan jati. Perjalanan akan terasa sangat melelahkan karena jalan yang dilalui datar dan panjang serta karakteristik hutan homogen yang monoton. Tapi anda tidak perlu khawatir, pengalaman berjalan kaki melintasi hutan jati akan memberi kesan tersendiri.

Setelah menempuh perjalanan melintasi hutan jati, anda dapat beristirahat di bendungan yang telah disediakan tempat berteduh. Dari bendungan perjalanan anda akan dilanjutkan dengan melintasi hutan tropis (heterogen) yang masih alami. Disarankan anda bersama pemandu yang akan memberitahu rute ke Curug Pitu dari bendungan. Karena rute tidak terlihat hingga anda menyeberangi sungai didekat bendungan tersebut.




Namun kini kondisi jalan menuju kawasan tersebut  tak banyak mengalami perubahan, belantara hutan tetap menjadi awal perjalanan menuju lokasi tersebut, bahkan kurang mendapat perhatian, masyarakat sekitar berharap pemerintah mengupayakan lokasi tersebut agar wisata murah ini menjadi lebih baik. (Red**) foto dok arsip

Diberdayakan oleh Blogger.