INSPIRASI - Destinasi wisata seperti Guci, Waduk Cacaban, Pantai Alam Indah (PAI), dan Pantai Pure In, sudah populer. Khususnya bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya.

Curug Sigeong. Begitu sebutan masyarakat terhadap air terjun yang kabarnya sering dipakai untuk ritual lelakon alias meditasi. Di kawasan tersebut terdapat beberapa gua, antara lain Gua Babi dan Gua Pengantin. Tempatnya menyeramkan, demikian gambaran warga. Namun, cerita hanya cerita, rombongan kami justru antusias berkunjung ke sana.
Perjalanan darat dari Kota Slawi lumayan jauh, 35 kilometer ke arah kawasan wisata Guci. Jalan berkelok dan menanjak, sebaiknya persiapkan kendaraan sebelum berkunjung ke sana.

Lokasi Curug Sigeong tepat di bawah lokasi wisata Guci. Kalau ditempuh dari Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, sekitar 4 kilometer berjalan kaki melewati pinggiran irigasi pemerintah. Gratis. Sedangkan dari area kawasan wisata Guci sekitar 2 kilometer dengan jalan menurun. Untuk masuk kamu juga dikenakan tiket serta parkir kendaraan.

Di sekitar Desa Tuwel sampai kawasan wisata Guci banyak terdapat penginapan yang menyewakan kamar bagi wisatawan yang ingin bermalam. Tarif relatif terjangkau, berkisar Rp 100 ribu dan Rp 500 ribu tergantung tempat dan tipe kamar.

Setelah berjalan kaki, saya dan rombongan sampai juga di Curug Sigeong. Curug dengan ketinggian 15 sampai 20 meter tersebut tampak deras dan berair jernih. Dinding batu di sekitar air terjun berbentuk seperti kipas, luar biasa indah. Wow, jadi ingin cepat-cepat menceburkan diri dan berendam!

Dua jam berendam, bermain, dan tertawa di Curug Sigeong, serasa lepas semua penat di tubuh. Puas rasanya, kenangan yang tak terbayarkan dengan uang.

Nah, teman-teman, kalau singgah ke Tegal sempatkan juga berkunjung ke Curug Sigeong. Di sekitar lokasi, kamu bisa bertanya pada masyarakat dan minta diantar ke sana. Jangan tunda dan ragu, pemandangannya mengasikkan. Penasaran? Silakan dicoba.(Red**)

Diberdayakan oleh Blogger.