LENSAPEWARTA.COM, TEGALRAYA – Pembinaan  anggota satuan Keamanan lingkungan dan ketertiban masyasarakat (Satlinmas ) Kelurahan Se-Kecamatan Tegal Barat tahun 2018 di Pendopo Kecamatan Tegal Barat. Selasa (27/2), dihadiri langsung Camat Tegal Barat Sri Widiyati dan anggota Linmas di Lingkungan Kecamatan Tegal Barat.

Menurutnya " Linmas yang terjun langsung dimasyarakat dengan beberapa elemen keluarahan baik dengan lurah, Babinsa. Babinkantibmas, LMPMK. Linmas di lingkungan Tegal Barat perannya sangat luar biasa dimasyarakat, mereka mampu turun kemasyarakat langsung baik pada saat ada kejadian diwiayahnya masing-masing, baik bencana atau kegiatan-kegiatan lain di lingkunganya.,” ujar Sri Widiyati.

Pembinaan tersebut narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal Fahmi Almubarok menyampaikan materi tentang tanggap darurat bencana. ”Linmas dan masyarakat bukan hanya bergerak pada saat bencana saja, namun bila tidak ada bencara linmas beserta BPBD dan masyarakat bisa melakukan kegiatan pra bencana baik berupa kerja bakti, sosialisai tentang penanganan bencana atau hal lainnya. Sehingga masyarakat sudah siap bila mana terjadi bencana di daerahnya dengan mengevakuasi dirinya dan masyarakat secara mandiri.” ujarnya.

Disisi lain Kepala Seksi Pembinaan Linmas Satpol PP Kota Tegal Safi’i menyampaikan dalam materinya bahwa Linmas merupakan garda terdepan di masyarakat, karena linmas memperoleh informasi dan berdekatan secara penuh dengan masyarakat di masing-masing wilayahnya. ”Linmas harus menunaikan tugas dan tanggungjawabnya, terutama tugas di masyarakat, karena tahun ini adalah tahun politik, paparnya (Red**)
Diberdayakan oleh Blogger.