LENSAPEWARTA.COM , BREBES - Salah satu faktor lain sehingga terjadi banjir di musim penghujan adalah karena buruknya saluran pembuangan yang mengarah kelaut akibat tersumbat atau tertutup sampah, hal ini membuat warga masyarakat Desa Randusanga Kulon bersama dengan anggota Koramil 01 Kodim 0713/Brebes melaksanakan kerja bhakti penanganan pasca banjir, berupa melanjutkan normalisasi Sungai Sigeleng dari perangkap udang serta tempat pemancingan liar yang berdiri diatas sungai.

Selasa (20/2/2018)  anggota Satpol PP, Linmas dan Damkar Kabupaten Brebes yang dipimpin oleh Kabid Linmas dan Damkar  serta Mahasiswa dan Mahasiswi KKN Universitas Peradaban Bumiayu yang dipimpin Wisnu Agung Nugroho, Kades Randusanga Kulon H. Maryoko beserta Carik ikut terjun memberikan dukungan moril serta logistik.

Danramil 01/Brebes Kapten Inf. Nurhadi mengatakan  “Sasaran karya bhakti hari ini adalah melanjutkan pembongkaran bangunan perangkap udang maupun tempat pemancingan yang terbuat dari kayu maupun bambu disepanjang DAS Sigeleng sampai ke muara, "

Selanjutnya Danramil 01/ Brebes  menegaskan "kami bongkar hanyalah tadah udang dan tempat pemancingan liar, untuk jembatan warga yang terbuat dari bambu atau kayu, cuma kita bersihkan bagian bawahnya saja, sehingga air serta sampah dapat lancar mengalir ke laut.

Tidak lancarnya saluran pembuangan ini akibat banyaknya bangunan liar di atas saluran air sehingga bambu-bambu dan kayu tersebut menjadi tempat menumpuknya sampah, lumpur maupun eceng gondok,” tegas nya

Dirinya juga berharap akan melanjutkan pembongkaran sampai DAS Sigeleng benar-benar bersih dari bangunan liar, dan kami himbau agar para pemilik bangunan tadah udang maupun tempat pemancingan, agar membongkar sendiri bangunannya sehingga material kayu maupun bambu dapat dimanfaatkan kembali untuk keperluan lain. Jika tidak akan kami bongkar secara paksa dan baik kayu maupun bambu akan kami tumpuk di bantaran sungai atau kami hanyutkan sebagian " pungkas Nurhadi

Terkait hal tersebut Kades Randusanga Kulon, H. Maryoko mengucapkan banyak terimakasih seluruh pihak terkait khususnya kepada Dandim 0713/Brebes sebagai ketua penanggulangan bencana di Kabupaten Brebes, atas kepeduliannya dalam pencegahan serta penanganan banjir di Desa Randusanga Kulon khususnya.

" Saya harapkan dengan peristiwa banjir yang merugikan seluruh pihak, warga kami akan lebih sadar lagi akan pentingnya kebersihan lingkungan terutama kelancaran saluran pembuangan Sigeleng. Semoga dengan lancarnya saluran air, dapat menghindarkan Brebes Kota serta desa kami sendiri dari ancaman banjir kedepan,” ungkapnya.(Red**)
Diberdayakan oleh Blogger.