BREBES  – Upacara bendera senin (5/02/2018) di halaman Kodim 0713/Brebes merupakan moment terpenting menyampaikan amanat Korem 071/WK, pasalnya tahun 2018 merupakan tahun politik, karena pada tahun tersebut di 171 Daerah, yang meliputi 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten. Untuk jajaran korem 071/WK ada 3 wilayah yang melaksanakan Pilkada serentak, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Pilgub Jateng,

Terkait dengan pelaksanaan tersebut, seluruh prajurit TNI jajaran Korem 071/Wk agar dalam bertugas tetap memegang teguh komitmen netralitas, dan menghindari sikap dan perilaku yang menjurus pada politik praktis, pasalnya peran TNI, dalam Pilkada telah diatur dalam Tap MPR RI Nomor : VII/MPR/2000 dan diatur lebih lanjut dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Selain melaksanakan tugas pokoknya, TNI juga melaksanakan tugas bantuan kepada Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 yang diatur dalam Pasal  7 Butir ke 10, serta Undang-Undang Pemilu Nomor 12 Tahun 2002, maka TNI/Polri harus netral.


Bersikap netral dapat diartikan tidak memihak dan tidak terpengaruh oleh ajakan partai politik untuk ikut memperjuangkan kepentingannya. Sedangkan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik diartikan bahwa setiap prajurit tidak diperbolehkan melakukan kegiatan politik praktis dukung-mendukung untuk kepentingan para peserta Pilkada.

Dalam amanat Komandan Korem 071/WK yang dibacakan saat upacara rutin di Kodim 0713/Brebes, keterlibatan TNI jajaran Korem 071/Wk pada Pilkada serentak jika dilihat meliputi : Pertama, menempatkan diri pada posisi netral dalam berbagai maslah yang timbul  di masyarakat pada setiap tahapan penyelenggaraan pilkada dalam hubungan perorangan dan satuan, tidak terlibat dalam penyelesaian persoalan di luar kewenangan TNI. Kedua, menegakkan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan yang dapat menggagalkan pelaksanaan Pilkada. Ketiga, bersama dengan komponen bangsa lainnya membantu penciptaan kondisi yang kondusif  agar tercipta rasa aman dan damai bagi kelancaran penyelenggaraan pilkada.

Kita pahami bersama bahwa tuntunan dan tantangan tugas ke depan tidak semakin ringan dinamika perubahan lingkungan strategis yang sedemikian cepat terkait dengan konstelasi global kointemporer, menghadirkan berbagai bentuk ancaman nyata yang bersifat asimtris, proksi dan hibrida menjadi sedemikian sulit diprediksi. Karena itu maka kepada setiap prajurit dan PNS jajaran Korem 071/Wk pada program kerja anggaran tahun 2018 dituntut untuk senantiasa meningkatkan prestasi diri masing-masing sehingga seluruh hasil kerjanya mampu memenuhi standard an kualitas sesuai keinginan pimpinan TNI. (Red**)        

Diberdayakan oleh Blogger.