Bang Jepret - Piala Dunia FIFA 1930 adalah Piala Dunia FIFA pertama, kejuaraan dunia untuk tim sepak bola nasional pria. Kejuaraan ini berlangsung di Uruguay dari 13 sampai 30 Juli 1930. FIFA memilih Uruguay sebagai tuan rumah, sebagai negara yang merayakan seratus tahun konstitusi pertama pada saat itu, dan Tim nasional sepak bola Uruguay telah berhasil mempertahankan gelar sepak bola mereka di Olimpiade Musim Panas 1928. Semua pertandingan dimainkan di ibukota Uruguay, Montevideo, sebagian besar di Estadio Centenario, yang dibangun untuk turnamen.

Tiga belas tim (tujuh dari Amerika Selatan, empat dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara) ikut serta dalam turnamen. Beberapa tim Eropa memilih untuk berpartisipasi karena sulitnya perjalanan ke Amerika Selatan. Tim dibagi menjadi empat grup, dengan pemenang dari masing-masing grup maju ke semifinal. Dua pertandingan Piala Dunia pertama terjadi secara bersamaan, dan dimenangkan oleh Perancis dan Amerika Serikat, yang mengalahkan Meksiko 4–1 dan Belgia 3–0. Lucien Laurent asal Perancis mencetak gol pertama dalam sejarah Piala Dunia, sementara kiper Amerika Jimmy Douglas mencatat "clean sheet" resmi pertama di turnamen.

Argentina, Uruguay, Amerika Serikat dan Yugoslavia memenangkan grup masing-masing untuk lolos ke semi final. Di final, tuan rumah dan pra-turnamen favorit saat Uruguay mengalahkan Argentina 4-2 di depan kerumunan 93.000 orang, dan menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Dunia.

 Latar Belakang

Pada tahun 1914, FIFA setuju untuk mengenali turnamen Olimpiade sepak bola sebagai "kejuaraan sepak bola dunia untuk amatir",[1] dan mengambil tanggung jawab untuk mengelola acara di tiga Olimpiade berikutnya: dari 1920 sampai 1928. Pada Olimpiade 1908 dan 1912, kompetisi sepak bola telah diselenggarakan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris dan Asosiasi Sepak Bola Swedia.

Awalnya untuk Olimpiade 1932 diadakan di Los Angeles dan tidak termasuk sepak bola. FIFA dan Komite Olimpiade Internasional tidak setuju atas status pemain amatir, jadi sepak bola tidak dimasukkan ke dalam Permainan.

Pada 26 Mei 1928, konferensi FIFA di Amsterdam dan pada hari pembukaan turnamen Olimpiade sepak bola, presiden FIFA Jules Rimet mengumumkan rencana untuk menggelar turnamen Olimpiade, terbuka untuk semua anggota FIFA dan dengan profesionalisme yang diizinkan. (dikutip dari berbagai sumber/wikipedia/foto dok ilustrasi google)

Diberdayakan oleh Blogger.