Lensapewarta.com,Yogyakarta - Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 101 Kodim 0734/Yogyakarta pada Hari Rabu, 4 April 2018, bertempat di Lapangan Balaikota Yogyakarta, Jl. Kenari No.56 Kel. MujaMuju, Kec. Umbulharjo Kota Yogyakarta. Dengan tema “TNI Manunggal Rakyat Membanggun Karakter dan Kemandirian Bangsa”. Masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan Upacara pembukaan TMMD tersebut karena bagi masyarakat khususnya yang berada di bantaran sungai gajahwong, talud tersebut dibangun nantinya akan menjadi tempat wisata sungai dan masyarakat kampung gambiran menjadi aman dari bahaya banjir apabila musim hujan datang.

 Dalam kegiatan Pembukaan TMMD tersebut selaku Inspektur Upacara yaitu Drs.Sulistyo SH, CN, M.Si Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra DIY, Komandan Upacara Mayor CHB M.Munasik, sebagai pembaca laporan kesiapan TMMD Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudy Firmansyah S.E, M.M dan dihadiri oleh Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Ida Bagus, Kolonel Lek M.Ikhsan Lo Ahli Dam IV, Maryadi Kejari DIY, Mayor Pas Indra P Lanud Adisucipto, Mayor Cpm Suwati Kaminvet Yogyakarta, Letkol CAJ Rifa Ka Ajen Rem 072/Pmk, Letkol Arh Ananta Kodam IV/Dip, Bpk.Sugito Ketua Pengadilan Negeri DIY, Bpk. Andi BPPM DIY, Bpk.Arif S Faktori Sarihusada,Kolonel Arm Gatot Dam IV/Dip, Unsur Muspida Kota Yogyakarta, Ketua Persit KCK Cabang XXXIV Ny. Rudy Firmansyah, Kapolresta Yogyakarta, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Aparatur Desa dan masyarakat. Dalam upacara tersebut di ikuti oleh personil Kodim 0734/Yogyakarta 65 Orang, Polresta Yogyakarta 30 orang, Yonif 403/Wp 53 orang, Kav 2 Tank 12 orang, Paskhas AU 40 orang, Yon Armed 18 orang,Den Zibang 8 orang, Yon Zipur 2 orang,Bimob Polda DIY 30 orang, Tim SAR Kota Yogyakarta, FKPPI, Pemuda Pancasila, Banser Kota Yogyakarta, Hamka Darwis, Ormas Relawan MTA, Ormas FKWA, URC Kota Yongyakarta, Paksikaton Kota Yogyakarta, FAKI Kota Yogyakarta, Menwa Kota Yogyakarta, perwakilan Pelajar SMA dan Pamuka.

Pemerintah Daerah DIY Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi sekaligus ucapan terimakasih kepada Komandan Korem 072/Pamungkas dan Kodim 0734/Yogyakarta yang telah memprakarsai sebuah kegiatan yang sangat strategis dan berkesinambungan ini. Kegiatan yang dilaksanakan 30 hari dari 4 April sampai dengan 3 Mei 2018, dengan melibatkan 7.500 orang ini, ditujukan mengajak seluruh Prajurit TNI serta pihak terkait lainnya, untuk ikut berpartisipasi bersama-sama dengan masyarakat untuk menciptakan upaya peningkatan percepatan pembangunan di daerah.

Program TMMD masih sangat dibutuhkan, karena keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur wilayah sekiranya sangatlah relevan dengan kebutuhan masyarakat di wilayah ini. Seperti pada sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Sedangkan pada sararan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat. Semua itu kita lakukan agar kita bangkit dan terhindar dari ancaman disintegrasi bangsa, dengan menerapkan nilai-nilai luhur bangsa.

Melalui karya bakti TNI ini telah menunjukan hakekat kemanunggalan, keseriusan dan kinerja maksimalnya untuk terlibat langsung dalam berbagai upaya mensukseskan program percepatan pembangunan di daerah. Bahwa kemanunggalan ABRI atau TNI tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa. Atau sangat tepat jika dikatakan TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena itu, TNI dan rakyat adalah bagaikan dua sisi mata uang yang saling melengkapi dan saling membutuhkan (Red**/Kontri - Destya)
Diberdayakan oleh Blogger.