LENSAPEWARTA.COM, TEGAL - Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han), pada Rabu (30/5/2018) mengecek rute arus mudik Idul Fitri 1439 H disepanjang jalan tol Brebes hingga Batang.

Ruas tol sepanjang 56 Km dari Brebes Timur hingga Pemalang, dan tol Pemalang-Batang 39,2 Km. Ruas tol Pemalang-Batang dapat digunakan secara fungsional pada mudik Lebaran 2018, ruas tol ini merupakan salah satu ruas tol Trans Jawa.

Kondisi ruas tol hingga saat ini, dari pintu tol Tegal hampir rampung dan dapat dilalui dengan mulus, beberapa ruas masih ada yang belum beraspal dan sebagian masih beton.

Ruas tol Pemalang-Batang paket 2 sepanjang 11,8 Km beroperasi fungsional pada Juni 2018 dengan empat lajur yang kesemuanya sudah dikeraskan dengan dilengkapi rambu lalu lintas serta dilengkapi marka jalan.

Selanjutnya paket 3 sepanjang 17,8 Km terdiri satu jalur dengan perkerasan flexible pavement satu lapis. Ditargetkan pengerjaannya usai pada Mei 2018 ini. Kemudian pada paket 49,5 Km juga beroperasi fungsional di Juni 2018 dengan empat lajur. Kondisi sudah dikeraskan dengan rigid pavement sehingga dapst beroperasi saat mudik Lebaran 2018 nanti.

Selain jalan tol, pembangunan ini juga dilengkapi sejumlah rest area/tempat istirahat, tipe A dan fungsional. Rest area tipe A di Ampel Gading, Pengandon dan Pasekaran. Rest Area fungsional di Kelang Depok dan Candi Areng.

Rest area fungsional memiliki 2 hektar dengan beberapa fasilitas pendukung seperti SPBU portabel, musala, lahan parkir luas, toilet dan beberapa kios makananan.

Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) pada jumpa persnya menyampaikan terkait kunjungannya tersebut guna mengecek kesiapan jalur arus mudik Lebaran 2018 ini. Dan terkait TNI disini adalah untuk membantu Polri dalam pengamanan arus mudik jelang lebaran idul Fitri.

Dikatakan bahwa, dalam pengamanan ini, personel TNI dilibatkan, pada H-10 personil sudah masuk kedudukan disepanjang jalur mudik lebaran dari Brebes hingga Batang.

Disamping hal tersebut, disampaikan Danrem 071/Wk bahwa TNI juga telah menyiapkan pos-pos pengamanan terpadu mulai dari pos Pejagan hingga Pemalang dengan bersinergi bersama Polri dan unsur terkait lainnya.

"Pos pengamanan disiapkan dari Pejagan hingga Pemalang dan Batang dengan bersinergi bersama Polri dan unsur terkait lainnya. Sedangkan untuk wilayah lain yang ada diwilayah jajaran Korem 071/Wk tetap kita gelar untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita inginkan", ungkapnya.

"Dari pengamatan hari ini, dari tol brexit Brebes hingga Pemalang lancar dan sudah ada rest area yang sudah dipersiapkan. Kita juga telah siapkan sekitar 18 pos pengamanan disepanjang jalur tersebut  ditempatkan diwilayah atau daerah rawan baik rawan gangguan kamtibmas ataupun rawan bencana alam. Jalur rawan ada di exit tol Tegal, karena disitu ada persimpangan sehingga dapat menimbulkan ketidaklancaran arus mudik", jelasnya.(cn)
Diberdayakan oleh Blogger.